7.04.2015

Stop Vandalisme dan Nikmati Keindahannya

Sering sekali ketika kita sedang melakukan kegiatan melintasi alam seperti mendaki gunung atau pun  wisata di pulau atau pantai kita sering mendengar kata "Vandalisme" mungkin bagi sebagian orang tidak tahu apa itu vandalisme. Nah disini saya akan sedikit membahas arti vandalisme biar para pembaca tahu apa arti dari kata vandalisme dan bagaimana akibat dari sebuah perbuatan vandalisme, KataVandalisme adalah sebuah aksi dimana aksi tersebut bersifat merusak dan menghancurkan hasil karya orang lain dan barang berharga secara kasar dan ganas serta mengganggu mata. Awalnya, vandalisme itu berasal dari kata vandal atau vandalus yang merujuk pada suatu suku di sebuah bangsa, lebih tepatnya bangsa Jerman kuno. Kaum tersebut memperluas jangkauan wilayah kekuasaannya sampai Spanyol dan Afrika Selatan, lho. Saat ingin menguasai Roma pada 455 Masehi, kaum ini menghancurkan karya seni yang ada di Roma. Maka dari itu, vandalisme merujuk pada perilaku kaum tersebut, yaitu menghancurkan dan merusak karya indah secara sengaja (kompasiana). Nah setelah mengetahui arti kata dari vandalisme bisa kita ambil kesimpulan bahwa tindakan vandalisme merupakan tindakan merusak dan sangat merugikan, apalagi kegiatan vandalisme itu dilakukan di alam nusantara in segala sesuatu yang tadinya indah begitu terkena tangan manusia menjadi tidak indah dan menjadi hancur. Kita bisa melihat ulah perbuatan manusia ini mengakibatkan berkurangnya keindahan alam ini. Alam yang seharusnya kita jaga untuk anak cucu kita, alam yang seharusnya dapat kita nikmati  malah kita rusak dengan mengotori dan merusaknya, banyak sekali kita lihat seperti di gunung banyak sekali coretan-coretan yang merusak pandangan mata, coretan - coretan tangan di batu-batu gunung, di tebing- tebing, dan juga puncak triangulasi gunung, yang seharusnya ketika kita sudah sampai puncak dan ingin menikmati keindahan alam dari puncak malah melihat coretan-coretan yang merusak keindahan. Kita sebagai pendaki sebagai sahabat alam yang seharusnyaa menjaga alam malah melakukan kegiatan vandalisme, apakah kita tidak malu dengan predikat pecinta alam tapi malah merusak alam ??????? apakah tidak terpikir bahwa yang harusnya pecinta alam lakukan adalah menjaga alam dan nikmati keindahannya ?? Sudah saatnya kita sebagai pecinta alam benar-benar mencintai alam dan menjaga kelestariannya agar kita dapat mewariskan keindahan alam kita kepada anak cucu kita, kitalah yang seharusnya menjaga dan merawat agar alam kita tidak marah dan murka terhadap kita..
 tidakkah kita sedih melihat alam kita di coret coret seperti ini ......
dan juga yang ini

tidakkah kalian sedih melihat alam yang seharusnya kita bisa nikmati malah kita rusak,, wahai para pendaki tidakkah kalian ingat syair lagu berikut:

Pendaki gunung sahabat alam sejati
Jaketmu penuh lambang, lambang kegagahan
Memproklamirkan dirimu pencinta alam
Sementara maknanya belum kau miliki
Ketika aku daki dari gunung ke gunung
Disana kutemui kejanggalan makna
Banyak pepohonan merintih kepedihan
Dikuliti pisaumu yang tak pernah diam
Batu – batu cadas merintih kesakitan
Ditikam belatimu yang bermata
Hanya untuk mengumumkan pada khalayak
Bahwa disana ada kibar benderamu…
Oh alam.. korban keakuan
Oh alam.. korban keangkuhan
Maafkan mereka yg tak mau mengerti

Mari kita Hentikan Vandalisme di gunung - gunung maupun di alam Indonesia ini dan ingatlah bahwa semua yang ada di alam kita ini harus selalu kita jaga, jangan hanya perdikat pecinta alam tapi kelakuan malah merusak alam.

Tidak ada komentar: